CERITA KESEHATAN KISAH INSPIRASI

Sakit Karena Kista, Begini Rasanya!

By

Hai, Pecinta Pena Meriani!

Semua orang pasti ingin sehat. Namun, kejadian sakit pasti setiap orang akan mengalami. Seperti contohnya saya pun mengalami sakit.

Sakit yang saya derita adalah pada bagian perut. Rasanya sangat sakit. Tapi bukan bagian pencernaan. Timbul masa klimaknya yaitu sekitar 1 bulan yang lalu ketika saya masuk UGD di Rumah Sakit gegara rasa nyeri terhebat dibagian perut.

Tak lama kemudian saya konsultasi dengan dokter kandungan. Akhirnya dapat terdeteksi adanya peradangan pada bagian indung telur. Dan ada kista dibagian perut kanan sekitar 2 cm.

Peradangan pada bagian perut sudah mulai sembuh dan harus kontrol selama dua minggu ke depan. Namun, dua hari sebelum kontrol, perut mengalami sakit kembali. Saya bisa menahan rasa sakit itu karena saya menyediakan obat untuk pertolongan pertama jika sakit kembali.

Waktu kontrol pun tiba. Seorang Sp.OG mendeteksi kembali adanya kista yang makin membesar. Ukurannya menjadi 7,1 cm. Dalam dua minggu, perubahan ukuran terjadi begitu cepat. Jalan terakhir dari semua ini adalah dengan cara mengoperasinya untuk segera membuangnya. Itulah saran yang disampaikan oleh seorang Sp.OG.

Hasil itu tak langsung saya terima secara mentah-mentah. Sayapun mencari second opinion agar tindakan yang akan saya jalani memang benar-benar sesuai dengan diagnosa.

Dokter kedua memeriksa kondisi bagian kandungan dalam tubuh saya melalui USG 4 dimensi. Pada layar sangat tampak jelas. Kista sangat besar dan ternyata ada dua kista yaitu berupa padatan yang berukuran besar dan berupa kantung berisi cairan berukuran kecil. Dari dokter keduapun menyarankan untuk melakukan operasi.

Tak hanya cukup satu atau dua kali. Rasa penasaran masih ada. Saya melakukan pemeriksaan ke dokter ketiga. Hasilnya sama adalah suatu saran untuk segera melakukan operasi dan tidak boleh ditunda.

Siang hari saat bekerja, saya sudah punya janji dengan dokter ketiga tersebut. Pada saat itu, keputusanpun diambil. Saya harus segera operasi.

Saya tidak kembali ke tempat bekerja karena harus beristirahat fisik disertai puasa serta cek darah untuk persiapan operasi. Saat itupun langsung dirawat dipasang infus sebagai persiapan untuk memberikan obat melalui intravena.

Operasi sudah berjalan lancar. Hasilnya sebesar buah alpuket besar dengan ukuran alpuket 1 kilogram isi tiga buah. He he he dinandingkan dengan buah.

Dari kejadian tersebut, saya sangat bersyukur karena akan terhindar dari makin membesarnya kista yang akan menempel ke bagian usus sehingga akan mempersulit pengambilan kista.

Semoga tidak mengalami kembali, adanya kista dalam organ kandungan saya. Kista yang masih berupa kantung cairan itu semoga mengecil dan tidak membahayakan.

Kista pada bagian kanan

 

You may also like

Post A Comment

Your email address will not be published.