KARYA DOSEN KARYA MAHASISWA PROMOSI

Pengabdian Masyarakat di Cikalanggirang Kota Tasikmalaya

By

Hai, sahabat Pena Meriani!

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan adalah berupa penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan pada hari Minggu, 10 Maret 2019, bertempat di Madrasah ASSALAM Cikalanggirang Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. RW ini masih dalam lingkup wilayah kerja Puskesmas Kahuripan Kota Tasikmalaya.

Saya sendiri,  Meri, SKM., M.Imun adalah selaku warga RW 04 Kahuripan juga  sebagai Dosen Prodi D3 Analis Kesehatan STIKes BTH Tasikmalaya dirasakan perlu mengabdi pada wilayah sendiri dalamd rangka menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Meskipun pasca operasi kista, masih bisa melakukan pengabdian masyarakat, dengan cara menggerakkan mahasiswa tingkat 1&2, dalam proses secara teknis di lapangan juga adanya peran serta ibu-ibu kader di wilayah RW 04 kelurahan kahuripan.

Pada pelaksanaan kegiatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Unit P3M STIKes BTH Tasikmalaya yang telah berkontribusi dalam pendanaan kegiatan ini sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Tema pengabdian ini adalah pemeriksaan gratis bagi warga terhadap pemeriksaan kadar asam urat, glukosa darah dan golongan darah.

Pada pemeriksaan asam urat merupakan deteksi dini adanya kadar asam urat meningkat (hiperurisemia) sehingga warga dapat mengantisipasi adanya gangguan gagal ginjal lebih dini akibat hiperurisemia. Pemeriksaan glukosa darah dilakukan untuk screening Diabetes Mellitus sedangkan pemeriksaan golongan darah dilakukan untuk Data Base Calon Pendonor Darah jika diperlukan untuk keperluan transfusi bila suatu saat terdapat warga yang sangat memerlukan darah untuk transfusi.

Bapak-bapak, ibu kader & mahasiswa di Madrasah Assalam

Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan seluruh warga selalu menjalankan pola hidup sehat. Apalagi bagi yang sudah terdeteksi adanya hiperurisemia dan hiperglikemia untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan pengobatan selanjutnya.

Mahasiswa membantu pemeriksaan kesehatan gratis

You may also like

Post A Comment

Your email address will not be published.